Mahasiswa Unsyiah Raih Penghargaan di KMI Awards 2020

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu berupa juara tiga di ajang bergengsi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI Awards 2020 untuk kategori umum bidang Industri Kreatif, yang diumumkan Sabtu (5/12/2020).

Tim Unsyiah di bawah koordinasi UPT Kewirausahaan ini diketuai oleh Shafira Mustaqilla (Teknik Kimia) dan beranggotakan Nursyafika Azla (Teknik Kimia), Amalia Shalda (MIPA Farmasi), Adinda Putri Vannina F (Teknologi Hasil Pertanian) dan Wahyu Wahidin (Teknik Kimia). Mereka memamerkan produk unggulannya yakni Biolotion.

KMI awards merupakan kegiatan tahunan yang digelar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI. Tahun ini, Universitas Agung Podomoro, Jakarta, bertindak sebagai tuan rumah. Hasil ini meneruskan jejak sukses produk snack Bayikribo di KMI Awards 2019 yang berlangsung di Politeknik Batam, dimana kala itu delegasi Unsyiah berhasil meraih juara pertama untuk Kategori Makanan dan Minuman.

Sehari sebelumnya, Jumat (4/12/2020), Biolotion Unsyiah juga meraih juara harapan II di ajang Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa atau KIBM Awards 2020 kategori Akademik. “Pencapaian ini tentu sangat menggembirakan, mengingat jumlah proposal yang masuk di KIBM 2020 mencapai 1.141 buah untuk tiga bidang bidang yakni akademik, vokasi, dan bidang disabilitas. Panitia penyelenggara yaitu Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI,” jelas Kepala UPT Kewirausahaan Unsyiah, Prof Dr drh Hanafiah MSi, dalam siaran pers kepada Serambi, Minggu (6/12/2020).

Selain menjadi juara harapan, sebut Prof Hanafiah, tim Biolotion juga terpilih sebagai salah satu dari empat narasumber pada kegiatan sharing sessions, dimana pada kegiatan ini Biolotion Unsyiah memberikan pengalaman mereka kepada peserta KIBM lain di seluruh Indonesia. “Karena pandemi Covid-19, semua kegiatan pada tahun ini dilaksanakan secara virtual. Begitupun, kegiatan expo tetap berlangsung secara meriah,” pungkas Prof Hanafiah.

Wakil Rektor III Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC, sangat gembira dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Tim Biolotion di ajang bergengsi tingkat nasional. Alfiansyah berharap, produk biolotion karya mahasiswa itu dapat dilanjutkan untuk produksi secara komersial, tentu saja perlu bekerjasama dengan pihak swasta.

Untuk diketahui, Biolotion merupakan lotion alami yang dipadukan dengan ekstrak minyak nilam Aceh yang dibuat dengan bahan alam Aceh. Lotion alami ini diformulasikan dengan ramuan dan resep khusus, serta dimodifikasi dengan sentuhan teknologi dan ilmu pengetahuan modern. Menariknya, Biolotion ini dibuat tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya