Webinar “Inovasi dan Strategi Kewirausahaan di Masa Pandemi”

Pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 Universitas Syiah Kuala melalui UPT Kewirausahaan melaksanakan kegiatan webinar secara daring melalui media zoom dengan judul “Inovasi dan Strategi Kewirausahaan di Masa Pandemi” dengan Narasumber Prof. Dr. Saryono, M.Si. yang merupakan Dosen Fakultas FMIPA Universitas Riau sekaligus Tim Pakar Program Coop PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) dan KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia). Kegiatan ini juga dimoderatori oleh Tedy Kurniawa Bakri, S.Farm., M.Farm.Apt.

Pada materinya Prof. Saryono menekankan bahwa karier tidak dimulai saat kita tamat kuliah melainkan justru dimulai saat masih menjadi mahasiswa. Oleh karena itu sangat penting bagi mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Minat wirausahawan mahasiswa saat ini telah meningkat tajam, yaitu mencapai 70% dari total mahasiswa yang ada di Indonesia.

Tantangan terbesar dalam masa pandemi yang harus dihadapi saat ini adalah wirausaha mudah harus mampu adaptif atau mampu menyesuaikan usahanya terhadap kondisi lingkungan dan pasar. Artinya pelaku usaha tidak terpaku pada suatu produk atau metode yang ada atau sudah umum dilakukan oleh pelaku usaha lain, melainkan harus mampu berinovasi dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar,

Usaha yang berkembang sangat pesat saat ini adalah dibidang pangan dan kuliner, tantangan-tantangan yang dihadapi oleh wirausaha muda diantaranya invasi perusahaan-perusahaan besar terhadap segmen kuliner daerah dll serta serbuan produk dari luar negeri. Untuk itu para wirausaha muda harus cerdas dalam melihat peluang agar dapat terus sukes dan bertahan di masa pandemi ini.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya